daun berguguran

Jumat, 27 Mei 2011

ASAL MULA DANAU TOBA

Pada zaman dahulu ada cerita rakyat yang menceritakan tentang adanya Danau Toba di Sumatra. ada seorang pemuda bernama Toba. Dia seorang petani. Pada suatu hari setelah pulang dari ladang, Toba memancing ikan di sungai. Sudah cukup lama ia memancing, tak seekor ikanpun didapat.

Toba putus asa, ia bersabar dan akhirnya ada seekor ikan besar menyambar pancingnya. Toba menarik pancing jauh ke tengah sungai. betapa terkejut dan senang karena yang didapat seekor ikan besar. Lalu Toba pulang dan segera ingin menggorengnya. Ia terkejut, tiba-tiba ikan itu berubah menjadi gadis  yang sangat catik, dan Toba menikahi gadis tersebut dan diberi nama Mina.

Selang beberapa bulan, istrinya melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama Samosir. anaknya sangat bandel.

Suatu ketika Samosir pergi ke ladang mengantar makanan untuk Toba. Karena senangnya, Samosir terjatuh dan makanan itu tumpah. Karena sangat kesal dan lapar, Toba marah dan mengucapkan kata "Dasar anak ikan", padahal kata-kata itu tak boleh diucapkannya.

Akhirnya terjdilah bencana besar dan menenggelamkan Desa Toba. desa itu menjadi danau yang diberi nama Danau Toba dan sebelah danau tersebut diberi nama Desa Samosir.


Diceritakan kembali oleh:  Eka Indah Anjarwati (Kelas 5 SDN 2 Gambarsari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar